Ternyata Dahulu Sebelum Resmi Diberi Nama Indonesia, Negara Indonesia Sempat Diberi Nama Ini


FAKTAMEDIA.NET - Sejarah panjang Indonesia sebelum mengabsahkan diri sebagai negara merdeka banyak perjalanan panjang yang dialami.

Sebelum mencapai kemerdekaannya, Indonesia juga sudah memiliki beragam sejarah yang belum tentu semua rakyatnya tau.

Salah satunya ialah tentang nama, mungkin saat ini masih belum banyak yang mengetahui jika negara Indonesia memiliki sederetan nama sebelum diputuskannya sebagai nama Republik Indonesia sebagai nama negara yang resmi hingga saat ini.

Ternyata nama Indonesia berasal dari bahasa Yunani Indo dan Neise yang artinya ialah Kepulauan Hindia. Orang yang pertama kali mencetuskan nama Indonesia ini adalah James Richardson Logan.

Pada salah satu karangannya yang judul The Indian Archipelago and Eastern Asia menyebutkan dan diterbitkan dalam Journal of the Asiatic Society of Bengal.

Jauh saat negara Indonesia diberi nama Indonesia, negara kita tercinta ini sempat diberi nama Hindia lho.

Nama Hindia ini menjadi begitu beken ketika para bangsa Portugis di bawah pimpinan Vasco da Gamma menemukan pulau ini dengan menyusuri Sungai Indus pada tahun 1498 Masehi.

Nama Hindia diciptakan oleh Herodotus, beliau adalah salah satu ahli ilmu sejarah asal Yunani, sedangkan nama Hindia dipergunakan pertama kali untuk kepulauan ini oleh Ptolomeus (100-178 SM) yang merupakan ahli ilmu bumi yang tersohor.

Sumber : pojoksatu

Subscribe to receive free email updates: