Kekhawatiran Internasional Meningkat, Dalai Lama Tebar Janji Budha Akan Bantu Muslim Rohingya


FAKTAMEDIA.NET -  Dalai Lama Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama pada Ahad (10/9) mengatakan, Buddha pasti akan membantu komunitas Muslim Rohingya. Hal itu disampaikan di tengah meningkatnya kekhawatiran internasional atas perlakuan terhadap Rohingya di Myanmar.

"Orang-orang itu Anda lihat semacam melecehkan beberapa Muslim. Maka mereka harus ingat, Buddha (Tuhan), dalam keadaan seperti itu, pasti akan membantu orang-orang Muslim yang malang itu," kata Dalai Lama kepada wartawan seperti dilansir dtv.com, Senin (11/9).

Ia mengaku merasa sedih dengan tindakan kekerasan yang terjadi di Rakhnine. India juga telah menyatakan keprihatinan mendalam tentang situasi di Negara Rakhine Myanmar, tempat pasukan keamanan terlibat dalam pertempuran berdarah melawan gerilyawan Rohingya. Hal itu memaksa ribuan orang melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dan India.

"India tetap sangat prihatin dengan situasi di Negara Bagian Rakhine di Myanmar dan arus keluar pengungsi dari wilayah tersebut," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam yang juga mendesak Myanmar untuk menangani situasi tersebut.

Pengungsi Rohingya terlihat di atas kapal karena mereka melintasi perbatasan Myanmar melalui Sungai Naf. New Delhi meminta Myanmar untuk fokus pada kesejahteraan penduduk sipil. Di sisi lain pasukan keamanan harus mengakhiri kekerasan serta memulihkan keadaan segera.

Myanmar mengatakan pasukannya memerangi sebuah kampanye yang sah melawan teroris yang bertanggung jawab atas serangkaian serangan terhadap polisi dan tentara sejak Oktober 2016.

Butuh di ketahui, Pemeluk Buddha Tibet percaya bahwa Dalai Lama adalah perwujudan insani dari Avalokitesvara ("Chenrezig" [spyan ras gzigs] dalam bahasa Tibet), bodhisattva of compassion. Antara abad XVII dan 1959, Dalai Lama adalah kepala pemerintahan Tibet, mengendalikan sebagian besar negara dari ibukota Lhasa.

Sumber : republika

Subscribe to receive free email updates: