Benarkah PKI Akan Bangkit Lagi ? Begini Jawaban Anak Aidit


FAKTAMEDIA.NET - Kebangkitan PKI setiap tahunnya selalu terdengar, seakan kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) ini sengaja dimainkan oleh beberapa pihak. Tentu saja isu memancing keresahan di tengah masyarakat.

Lantas bagaimana tanggapan Ilham Aidit, putra dari mantan Pemimpin Senior PKI Dipa Nusantara (DN) Aidit menyikapi hal tersebut?

Kepada JawaPos.com, Ilham menegaskan tidak percaya PKI akan bangkit lagi di Indonesia, seperti pada zaman orde baru (orba) silam.

“Harus berpikir apakah betul PKI akan bangkit, PKI akan dibangun kembali emangnya murah buat partai. Miliaran uangnya nah dari mana itu,” ujar Aidit sambil tertawa kecil di kediamannya kawasan Bandung, Jawa Barat.

Dia menerangkan, saat ini mantan anggota PKI yang masih hidup juga sangat susah dari segi finansialnya. Sehingga tidak mungkin mereka akan kembali menghidupkan PKI kembali. Apalagi sudah adanya TAP MPRS Nomor 25/1966 tentang Pembubaran PKI.
 

Ilham Aidit, anak (alm) DN Aidit (Dery Ridwansyah/ Jawa Pos)

“Eks PKI saja untuk hidup sehari-hari susah, bajunya kadang enggak diganti berapa lama, buat cuci baju juga kadang enggak ada uang,” timpalnya lagi.

Apalagi kalaupun PKI bisa bangkit, sangat tidak mungkin akan ada peminatnya. Mereka tidak mau mencari risiko lantaran selama ini partai komunis itu dimusuhi mayoritas masyarakat di Indonesia.

“Apalagi di Indonesia, sudah dimusuhi puluhan tahun. Jadi apakah masih ada yang mau menjadi anggota PKI? ya enggak ada yang mau lah,” kelakar Ilham sambil menyalakan sebatang rokok.

Lebih lanjut pria dengan dua anak itu, saat ini partai yang menganut komunisme dan marxisme juga sudah tidak laku. Seperti yang terlihat di Tiongkok, Uni Soviet dan Kuba.

Tiga negara yang dicontohkan itu tidak lagi diminati oleh masyarakat dengan sistem dan ideologi komunis. ‎”Komunisme itu sudah enggak ada panggungnya lagi. Itu sudah enggak laku lagi,” pungkasnya.

Sumber : jawapos

Subscribe to receive free email updates: