Survey LSI, Pilpres 2019 Jokowi Kalah Telak Lawan Prabowo di Riau


FAKTAMEDIA.NET - Jika pada Pilpres 2014 yang lalu, Prabowo menang tipis dari Jokowi di Riau, tidak halnya pada Pilpres 2019 mendatang. Berdasarkan hasil survey yang dirilis LSI (Linkaran Rurvey Indonesia) baru-baru ini, justru Jokwi kalah telak dari Prabowo.

Berdasarkan datang yang didapat Koranriau.net, pemilihan presiden 2014 di Provinsi Riau cukup unik, di mana calon presiden Joko Widodo unggul di 10 kabupaten/kota sementara Prabowo menang di Kampar dan Pekanbaru. Hanya saja setelah ditotal, calon nomor urut 1 Prabowo-Hattarajasa menang di tingkat provinsi.

Hasil pleno yang dipimpin Ketua KPU Riau Nurhamin tersebut menunjukkan partisipasi pemilih Pilpres di Riau mencapai 62,73 persen dan menghasilkan 2.692.155 suara sah.

Dari total suara sah hasil Pilpres 9 Juli tersebut tersebut, pasangan Prabowo-Hatta menjadi pemenang, meskipun hanya selisih suara tipis. Pasangan nomor urut 1 tersebut mendulang 1.349.338 suara atau 50,12 persen.

Sementara Jokowi-JK mendapatkan 1.342.8’7 suara atau 49,88 persen dari total suara sah. Padahal pasangan nomor urut 2 ini menang di 10 kabupaten kota. Sedangkan Prabowo Hatta hanya menang di Kampar dan Kota Pekanbaru.

Berbeda dengan Pilpres 2019 mendatang, berdasarkan hasil survey LSI yang dirilis baru-baru ini, Prabowo Subianto merupakan Calon Presiden yang cukup didukung oleh Masyarakat Riau. Dari tujuh calon yang masuk dalam radar survey, Prabowo Subiyanto mengalahkan Predisen Jokowi dengan kemenangan telak dengan persentase 29,8 %-18,6 % dan yang menentukan pilihan sebanyak 45.2 persen, sementara sisianya untuk lima calon yang lain.

Bahkan jika hanya dua pasang calon Presiden, Prabowo Vs Jokowi, kemanangan Prabowo semangkin telak dengan prolehan 44.8 persen dibandingkan Jokowi hanya memperoleh 27,5 persen sementara 27.7 persen belum menentukan pilihan.

Sumber : riongmedan

Subscribe to receive free email updates: