Menurut Presiden, Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Sangat Tinggi, Benarkah?


FAKTAMEDIA.NET - Presiden RI Joko Widodo membeber peringkat Indonesia dalam hal kemudahan berusaha dibandingkan negara lain. Saat ini, posisi Indonesia berada di peringkat 91 atau naik dari 106 pada 2016.

Jokowi -panggilan beken Joko Widodo- mengatakan, capaian itu perlu untuk terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat bisa segera tercapai. Secara khusus, presiden yang juga mantan gubernur DKI itu meminta jajaran birokrasi mempermudah perizinan dalam berusaha.

“Perlu diketahui, peringkat kemudahan berusaha saat ini meningkat dari urutan 106 pada 2016 lalu, menjadi urutan 91 di dunia. Ini tetap harus diperbaiki,” ujar presiden di hadapan 2.014 praja lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (8/8) petang.

Selain itu, sambung Jokowi, survei tingkat kepercayaan masyarakat pada pemerintah juga menunjukkan hasil yang luar biasa. Indonesia berada di urutan pertama bersama Swiss atau mengalahkan negara-negara maju lainnya.

Sedangkan untuk indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia juga naik. Dari level medium high development menjadi high human development.

“Ini pertama kali dalam sejarah. Harus ditingkatkan dan kembangkan dengan baik. Sebagai pamong praja muda harus terdepan dala perubahan pola pikir, sistem dan tata kelola pemerintahan yang baik,” tutupnya.

Sumber : ngelmu

Subscribe to receive free email updates: