Keren! Dua Pelajar Bandung Sabet Juara Kompetisi IT Dunia


FAKTAMEDIA.NET - Dua orang pelajar asal Bandung sukses mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Dua siswa asal SMKN 4 Bandung itu menjuarai kompetisi IT yang diselenggarakan di Korea Selatan.

Riksa Suviani dan Irfan Lutfi adalah dua orang perwakilan Indonesia yang menjuarai kompetisi IT berbasis E-Learning itu. Bergabung dalam satu tim dengan dua pelajar asal Korea Selatan, tim mereka sukses mengalahkan 37 peserta lainnya dari berbagai negara dalam ajang bergengsi tahunan 'The APEC e-Learning International Contest of Outstanding of New Ages (e-ICON) di Ulsan National Institute of Science and Technology pada 17-23 Agustus lalu.

"Iya alhamdullilah siswa kita dapat juara," ucap Kepala Sekolah SMKN 4 Bandung Asep Tapip Yani saat dikonfirmasi detikcom via telepon, Jumat (25/8/2017).

Asep mengatakan kedua siswa tersebut membuat sebuah aplikasi mobile android yang dapat digunakan untuk belajar. Aplikasi bernama Right Up ini mampu membantu orang untuk mengoptimalkan penggunaan otak kanan dalam menggambar.

"Aplikasi ini aplikasi baru yang dikerjakan bersama-sama dengan siswa dari Korea Selatan. 20 persen pengerjaan dilakukan di Indonesia lalu sisanya dilakukan bersama-sama di sana," tuturnya.

Asep menuturkan kompetisi itu diikuti setelah pihak sekolah menerima undangan yang dikirimkan melalui Kementerian Pendidikan awal tahun 2017. Sekolah SMKN 4 ditunjuk mewakili Indonesia lantaran capain prestasi di bidang IT yang selama ini kerap disandang sekolah tersebut.

Dari undangan itu, sekolah langsung mencari siswa yang dapat mewakili untuk berangkat ke Korea Selatan. Akhirnya, Riksa dan Irfan lah yang terpilih untuk mewakili Indonesia.

"Kebetulan yang terpilih ini juga siswa beprestasi di bidang IT," kata dia.

Dua Pelajar Bandung Sabet Juara Kompetisi IT DuniaFoto: istimewa

Pihak sekolah langsung bergegas menyiapkan berbagai kebutuhan siswa selama berkompetisi. Sekolah membuatkan paspor siswa hingga les cepat bahasa Inggris agar siswa mudah berkomunikasi dengan perwakilan dari Korea Selatan.

Upaya yang dilakukan oleh sekolah dan dua siswa itu akhirnya membuahkan hasil. Prestasi juara pertama disandang tim yang beranggotakan siswa SMKN 4 Bandung.

"Semua persiapan kita mandiri, pakai uang sekolah. Tapi alhamdulilah berhasil juara. Ini menjadi motivasi tentunya bagi kita," kata Asep.

Dua Pelajar Bandung Sabet Juara Kompetisi IT DuniaFoto: istimewa


Sumber : detik

Subscribe to receive free email updates: