ICW sebut Pencopotan Irjen Iriawan dari Kapolda Metro Berkaitan dengan Kasus Novel


FAKTAMEDIA.NET - Salah satu alasan dicopotnya Irjen Mochammad Iriawan sebagai Kapolda Metro Jaya lantaran ada hubungannya dengan penanganan kasus penyerangan terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo. Ia menilai, selama di tangan Iriawan, Polda Metro Jaya tak kunjung menangkap pelakunya.

“Dalam pandangan kami, pergantian Kapolda kemarin itu ada kaitannya dengan stagnansi pengungkapan perkara Novel,” kata Adnan saat acara diskusi di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8/2017).

Selain itu, ia melanjutkan, ada pertimbangan objektif atau subjektif dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menggeser Iriawan dan menunjuk Irjen Idham Azis sebagai penggantinya.

“Kalau dilihat progres pasca pergantian itu kan tidak terlalu lama setelah muncul sketsa wajah. Meskipun kita belum bisa pastikan apakah sketsa itu pelaku yang menyiram atau pelaku lain yang terlibat perkara ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kasus penyiraman air keras terhadap Novel hingga saat ini belum terungkap. Penyidikan terhambat lantaran Novel belum mau di-BAP oleh polisi sehingga menggangu proses hukum yang tengah berjalan.

Sumber : kriminalitas

Subscribe to receive free email updates: