Musibah Melanda GOLKAR, KPK Tetapkan Setya Novanto Tersangka Korupsi E-KTP


FAKTAMEDIA.NET - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ketua Umum Partai Gollkar yang juga Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka korupsi proyek pengadaan kartu identitas elektronik (e-KTP).

“KPK tetapkan saudara SN (Setya Novanto), anggota DPR RI sebagai tersangka karena diduga dengan menguntungkan diri sendiri atau korporasi. Sehingga diduga merugikan negara sekurangnya Rp 2,3 triliun,” jelas Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta (Senin, 17/7), dilansir rmol.co.

Novanto pekan lalu menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK terkait korupsi e-KTP. Dia diduga kuat berperan dalam proses penganggaran atau pengadaan barang dan jasa dalam proyek di Kementerian Dalam negeri tersebut saat duduk di Komisi II DPR.

Ketua umum Partai Golkar tersebut juga diduga telah mengkondisikan pemenang tender proyek e-KTP.

Agus menambahkan, Novanto dijerat pasal 3 atau pasal 2 ayat 1 UU Tipikor junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto, serta pihak swasta Andi Narogong.

Diketahui, dibawah kepemimpinan Setya Novanto, partai Golkar mengalami penurunan eletakbilitas yang signifikan. Bahkan sebagai masyarakat melarang untuk memilih partai Golkar karena telah mendukung penista agama.

Sumber : pekanews

Subscribe to receive free email updates: