Inilah Warga Tionghoa Pertama Yang Lolos Masuk Akmil Angkatan Darat


FAKTAMEDIA.NET - Wiliam itulah namanya, pria kelahiran Medan, 31 Mei 1995 ini merupakan sosok warga Tionghoa pertama di Indonesia yang berhasil menjadi Taruna Akademi Militer (Akmil) Angkatan Darat. Ia jadi Taruna Akmil sejak tahun 2015 atau sudah mengikuti pendidikan selama 6 bulan di Magelang.

Putra pertama dari pasangan Parmat dan Rita ini mendaftar masuk Akmil melalui tes di Kodam I/BB dimasa Pangdam dijabat oleh Mayjen Edy Rahmayadi. Saat itu, dari seluruh Sumatera Utara, hanya 17 orang yang berhasil lulus menjadi Taruna Akmil dari ribuan pendaftar yang ikut seleksi.

Ketika ditanyakan bagaimana perasaanya berhasil menjadi etnis Tionghoa pertama yang berhasil masuk Akmil, Wiliam yang merupakan Alumni ke-48 dari Kelas XII IPA 4 SMU Methodist 2 Medan ini mengaku bangga menjadi warga etnis Tionghoa pertama yang bisa mengabdi bagi bangsa dan negara di bidang militer.

"Bangga bisa jadi yang pertama etnis Tionghoa, bangga bisa menggabdi bagi bangsa dan negara," ujar William.

Sementara itu, Sekjen Paguyuban Suku Tionghoa Indonesia (PASTI) Sukiwi Tjong selaku guru mengaku bangga atas pencapaian ini. Ini impiannya sewaktu mengabdi di DPRD Kota Binjai, dengan mendorong semua suku, khususnya Tionghoa bisa mengabdi di semua bidang.

"Jangan hanya bisnis saja, tapi mengabdi di segala bidang termasuk menjadi tentara. Tidak ada beda, karena ada Bhinneka Tunggal Ika, kesempatan sama bagi setiap warga Negara Indonesia," terangnya'

Sumber : sipayo

Subscribe to receive free email updates: