Beredar Foto Polisi Jamu Tersangka Pembacok Hermansyah, Kapolda: Itu Sisi Humanis Polri


FAKTAMEDIA.NET - Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Setyo Wasisto memberikan penjelasan soal foto pertemuan tersangka pengeroyok Hermansyah, Edwin Hitipeuw (37) dan Lauren Paliyama (31) dengan Kapolda Metro Irjen M Iriawan, Kapolres Depok Kombes Herry Heryawan, dan Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo.

Setyo menjelaskan, apa yang dilakukan oleh Kapolda Metro dan jajarannya itu adalah bagian dari proses pemeriksaan. Ia mengatakan, publik tak perlu berprasangka buruk terhadap Polri.

“Jadi begini, itu bagian dari sisi humanis Polri. Yang pertama adalah asas praduga tak bersalah. Jadi kita menduga semua, walaupun dia sudah mengaku, tapi kalau masih dalam proses kepolisian dia masih dianggap belum salah,” kata Setyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Setyo menjelaskan, Polri punya beberapa cara pendekatan kepada mereka yang tengah menjalani proses pemeriksaan. Ia pun telah mengontak Iriawan untuk mengetahu ada apa di balik foto viral tersebut.

“Yang kedua, bahwa Pak Kapolda makan dengan tersangka itu adalah dalam rangka pendekatan, kemungkinan dia akan lebih mengungkapkan sesuatu yang lain. Jadi itu dari sisi humanisnya yang kita angkat ya. Jadi nggak ada masalah,” bebernya.

Setyo memastikan tak ada perlakuan khusus saat polisi memeriksa dua pelaku pengeroyokan Hermansyah tersebut.

“Kita kan semuanya kita perlakukan sama. Kadang-kadang polisi harus memancing dulu, harus kita ajak makan dulu. Kita lakukan ini, supaya dia lebih terbuka,” tutupnya.


Sumber : kumparan

Subscribe to receive free email updates: