Waduh ! Tak Hanya Plagiat, Afi Juga Berbohong Lakukan Plagiarisme Hanya 1 Kali, Ini Buktinya


FAKTAMEDIA.NETSi AFI "dihabisi" sama akun lambe_turah di instagram yang punya 2,8 juta followers. Yaa habislah Afi...

Sempat mendapat banyak sorotan dari berbagai kalangan dan kekaguman atas berbagai tulisannya di media sosial, siswi SMA, Afi Nihaya kini harus menelan pil pahit. Karena beberapa tulisannya tersebut disinyalir merupakan jiplakan yang diambilnya dari berbagai sumber.

Sebelumnya Afi Nihaya jadi viral di berbagai media karena kemampuan mengolah bahasa lewat tulisannya ini terbilang sangat luar biasa. Dari mulai para netizen, entertaiment sampai pejabat negara dan juga presiden memberikan apresiasi yang sangat luar biasa padanya.

Afi awalnya sempat menyangkal plagiarisme yang dilakukannya beberapa kali saat diwawancara secara langsung di beberapa televisi (salah satunya KompasTV, Afi gak ngaku saat ditanya plagiat tulisan Mita).

NAMUN akhirnya ia mengakui bahwa tulisannya berjudul “Belas Kasih Dalam Agama Kita” di Facebook, bukan asli tulisan Afi.

Karena, hampir seluruh paragraf tulisan itu persis sama dengan tulisan “Agama Kasih” karya Mita Handayani, yang diposting jauh sebelum Afi mempostingnya dengan judul berbeda.

Dalam permintaan maafnya yang diunggah di fb-nya (11/6/2017), Afi mengatakan "Dari ratusan tulisan dan beberapa diantaranya yang telah saya post di dunia maya hanya satu tulisan itulah yang bukan tulisan saya sendiri."
(Link: https://www.facebook.com/afinihaya/posts/834863680006225)

PADAHAL ternyata Afi sendiri pernah memposting tulisan penegasan bahwa plagiarisme merupakan tindakan yang sama rendahnya dengan pencurian.

Namun ternyata plagiarisme yang dilakukan Afi ternyata tidak sekali itu. Hal ini diperjelas dengan beberapa bukti yang di posting di akun Instagram lambe_turah, yang memperlihatkan foto-foto tulisan Afi ternyata hasil jiplakan dari beberapa sumber.

"Cuma satu kokkkk
Iyainn aja dech
Namanya juga anak anak
Kasian khan kalo anak anak di kritik

Mungkin dia malu kalo bilang banyak atau semuanya
Makanya bilangnya cuma satu
Ditunggu itikad baeknya aja yuks
Mumpung Ramadhan
Semakin lama semakin kebuka lho yaaa." - lambe_turah - 


BERIKUT BUKTI-BUKTI PLAGIARISME yang diunggah oleh akaun lambe_turah yang membuktikan bahwa atas postingan plagiarisme itu bukan hanya sekali saja dilakukannya.

(1) Tulisan Afi Berupa Kutipan Dari Chicken Soup For The Teenage Seoul And Tought Stuff
href="https://2.bp.blogspot.com/-BE7Xhzof3jk/WUHmiGRIXRI/AAAAAAAB0Sw/yQGVNwyPv8gHkg6cx88mwaPY8OZ_iigFACLcBGAs/s1600/3a.jpg" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> 
(2) Belas Kasih Dalam Agama 'karya' Afi dan Agama Kasih Karya Mita Handayani


(3) Agama Facebook


(4) Quotes yang Ditulis Ulang dengan Tulisan Tangan Afi

(5) Afi Mengganti Kata "Anda" Dengan "Ku", Ia Juga Bubuhkan Namanya Sebagai Pembuat Quote Hasil Kutipan Milik Orang Lain

(6) Warung Makan karya Restu Andhi Firnanda (2010) dan Warung Makan 'Karya' Afi Nihaya Faradisa (2017)

(7) Lagi! Quote yang Afi Kutip Dari Sumber Lain Diposting Seolah Dibuat Oleh Dirinya Sendiri

Dengan adanya kasus seperti ini, mengingat usia Afi masih belia dapat menjadi sebuah pelajaran berharga baginya maupun orang lain, agar lebih bijak dalam memanfaatkan penggunaan media sosial untuk sarana berkarya dalam bentuk apapun.

Adapun motif dan latar belakang yang dilakukan Afi memerlukan perhatian dari banyak pihak, agar ke depannya ia tak lagi melakukan hal serupa, dan mulai berkarya dengan hasil pemikirannya sendiri. 
Sumber: hype.idntimes.com

Subscribe to receive free email updates: