Sebagai Pemeluk Katolik, Deddy Corbuzier: Saya Kafir? Berikut Vidionya


FAKTAMEDIA.NET - DEDDY  Corbuzier kembali mengunggah sebuah video lewat akun youtube miliknya. Dalam video yang diunggah pada 19 Juni 2017 itu, Deddy mengulas tentang kata kafir.

Dikatakan, hingga saat ini dia tidak mengerti soal kata kafir yang kerap Ia dengar dari  umat Islam.

“Saya nggak ngerti apakah saya kafir atau bukan, apakah anda yang nonmuslim apakah anda kafir? dan buat anda yang Muslim apakah anda menganggap nonmuslim kafir? saya juga nggak tahu,” kata Deddy Corbuzier mengawali video tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Deddy Corbuzier menghadirkan Ustad Wijayanto.


Karena menurutnya, biacara soal kafir dalam pandangan Islam bukan wilayahnya, sebab Ia sendiri merupakan pemeluk Katolik.

“Saya tidak mau mengatakan sesuatu yang di luar ranah saya, kalau saya mengatakan sesuatu di dalam ranah orang lain, bahaya sekali, contohnya, ya (ada yang) sudah masuk penjara.” Lanjutnya.

Lebih lanjut Ia katakan, Ia hanya ingin mengatahui pandangan Islam soal kata kafir. Sebab selama ini sering Ia mendengar orang saling mengkafirkan di mana-mana.


“ini pertanyaan (kafir) yang harus di jawab, karena pertanyaan ini sudah sering bangat ada di kepala saya dan di kepala orng lain,  dan saya butuh jawaban.” Imbuhnya.

Selanjutnya, menjawab kebingungan Deddy Corubuzier tersebut, Ustad Wijayanto menjelaskan, kata kafir dialamatkan kepada seseorang apabila orang menolak tuhan yang berkaitan dengan agamanya.

Ia melanjutkan, dari segi bahasa, kata kafir juga ada dalam ajaran kristen. Yakni orang yang berada di luar agama kristen maka disebut kafir.

“Dalam pandangan kristen secara bahasa, orang Islam itu kafir, karena dia tidak beragam kristen. Tapi ini dikatakan seolah-olah orang kafir itu musuh.” Jelas Ustad Wijayanto.

Ia katakan, Dalam Islam kafir terbagi antara empat, dan diantara empat kategori kafir itu, hanya ada satu kafir yang boleh diperangi, yakni kafir harbi. Kafir harbi adalah kafir yang memerangi umat muslim.

“Kafir yang dimusuhi adalah kafir yang memusuhi,” imbuhnya.

Video tersebut, kini telah ditonton sebanyak 626,121 kali dan dilike sebanyak 22,949 like.

Sebelumnya, beberapa hari lalu Deddy juga mengomentari soal kata teroris yang selalu dialamatkan kepada ummat muslim.

Dalam video yang telah ditonton sebanyak 2,776,809 kali itu, Deddy tidak setuju dengan kata teroris yang selalu ditujukan kepada agama Islam.  (dal/fajar)

Berikut Videonya:



Sumber : fajar

Subscribe to receive free email updates: