Mengapa Hajar Aswad Selalu Dijaga 24 Jam? Ternyata...


FAKTAMEDIA.NET - Seorang penjaga selalu berdiri di sebelah Hajar Aswad, batu yang terpasang di salah satu sudut bangunan Kabar. Batu tersebut memang tak pernah dibiarkan tanpa penjagaan.

Menurut laman Saudi Gazette, Senin 19 Juni 2017, selalu ada 24 penjaga yang melindungi Hajar Aswad dalam sehari. Sehingga, dalam waktu sehari semalam atau 24 jam, ada 24 penjaga yang berbeda.

Mereka bergiliran menjaga batu yang diyakini berasal dari surga itu. Masing-masing penjaga berdiri di dekat Hajar Aswad sekitar sejam lamanya. Mereka fokus mengawasi apapun yang terjadi di sekitarnya.

Penjaga yang berdiri di dekat Hajar Aswad juga memperingatkan petugas lain bila menemukan jemaah atau pengunjung yang pingsan kelelahan atau kepanasan.

" Penjaga Hajar Aswad ditugasi berbagai pekerjaan. Dia ditugaskan untuk menjaga keamanan pengunjung dan mengajari mereka cara yang tepat untuk mencium Hajar Aswad. Dia juga bertanggung jawab untuk mengatur antrean jemaah yang ingin mencium batu itu," kata juru bicara Masjidil Haram, Mayor Sameh Al-Sulami.

 Hajar Aswad merupakan batu yang dimuliakan. Sebagian besar umat Islam, terutama yang menunaikan ibadah haji dan umrah, berusaha menciumnya, sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Batu hitam ini berukuran sekitar 10 sentimeter dengan luas lingkaran pita peraknya sekitar 30 cm. Tingginya dari lantai dasar Masjid al-Haram sekitar 1,5 meter. Hajar Aswad pernah dipecahkan menjadi 8 bagian dengan ukuran kecil-kecil.

Dalam hadis riwayat Tarmidzi, sahih menurut Syaikh Albani, Nabi Muhammad mengatakan bahwa semula Hajar Aswad berwarna putih susu. Dalam hadis itu disebutkan bahwa Hajar Aswad menjadi hitam karena dosa-dosa manusia.

Sumber : dream

Subscribe to receive free email updates: