PDIP Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati Jombang, Panitia: Sepi Peminat


FAKTAMEDIA.NET - Penjaringan bakal calon (balon) bupati yang dilakukan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Jombang Partai Demokarasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sepi peminat. Menjelang hari terakhir penutupan, baru ada tiga figur yang mendaftar.

Tiga nama balon yang mengisi formulir pendaftaran tersebut, dua dari internal partai sedangkan satu dari eksternal. Yakni Ketua DPC PDIP Marsaid dan Sekretaris DPC Wulang Suhardi. Sementara satu nama dari eksternal adalah Iwan Setia Budi, dari partai Hanura.

"Iya, sejak kita buka pada 2 Mei 2017 sampai sekarang hari terakhir pendaftaran ini baru ada tiga nama yang muncul," kata Ketua Panitia Pendaftaran PDIP Jombang, Cakup Ismono, Selasa (16/5/2017).

Cakup menjelaskan, penjaringan balon bupati Jombang yang dilakukan DPC PDIP akan ditutup hari ini pada jam kerja, yakni sekira pukul 16.00 WIB. Kendati ditutup, namun masih terbuka peluang bagi calon lain untuk mendaftar dikemudian hari.

"Berdasarkan peraturan DPP Nomor 4 Tahun 2015, maka diberikan kesempatan 2 minggu ke depan untuk membuka lagi. Jadi setelah ditutup nanti sore, besok kita buka lagi pendaftaran sehingga masih ada peluang untuk calon lain yang ingin mendaftar," imbuhnya.

Adanya perpanjangan waktu dalam penjaringan balon bupati Jombang 2018 di PDIP lantaran jumlah nama yang mendaftar belum sesuai dengan aturan yang ditentukan partai. Menurutnya, minimal harus ada lima nama yang mendaftar sebagai Balon Bupati Jombang.

"Kalau menurut aturan ada lima nama yakni dua dari internal dan tiga dari eksternal. Tapi kalau sampai 2 minggu ke depan hanya tiga nama yang daftar, tetap kita tutup. Karena kesempatannya hanya itu," terangnya.

Kendati sudah mendaftar, namun para balon ini masih harus menjalani seleksi yang dilakukan partai. Mulai dari seleksi administratif serta fit and proper test oleh tim seleksi internal. Nama-nama yang lolos, akan disetorkan ke DPP melalui DPD.

"Prosesnya sangat panjang. Kita juga akan melakukan rapat pleno internal untuk memutuskan nama-nama yang akan disetorkan ke DPP. Keputusan itu yang akan menjadi dasar keluarnya rekomendasi dari DPC sebelum diputuskan DPP," tandasnya.

Ditanya terkait dengan minimnya figur yang mendaftar dalam proses penjaringan yang dilakukan partainya, Cakup menyatakan jika hal itu merupakan hal yang wajar. Menurutnya, semua calon sudah mengetahui mekanisme penjaringan di PDIP.

"Ibarat perawan, sekarang ini kan para calon ini masih malu-malu. Mereka juga sudah tahu kalau akan ada perpanjangan waktu penjaringan, pasti menjelang detik-detik terakhir nanti banyak yang daftar,” pungkasnya.

Sumber : okezone

Subscribe to receive free email updates: