TERBONGKAR! Ternyata Inilah Akhir Drama Mobil Mogok Jokowi...


FAKTAMEDIA.NET - Jokowi sebenarnya menolak untuk dianggarkan mobil dinas yang baru, menyusul mobil jenis Mercedes Benz S600 Guard yang biasa digunakan sering mogok.

Namun, seperti yang dikatakan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, ada kegentingan untuk pengadaan mobil itu.

"Kalau tanya Pak Presiden selalu bilang enggak usah, ngapain, enggak apa-apa. Tapi kalau urusan kayak begini enggak tahulah nanti. Tapi kalau saya melihat ada urgensi luar biasa untuk pembaruan ini," ujar Pratikno, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 21 Maret 2017.

Namun, setiap Pratikno berkonsultasi dengan Jokowi mengenai ini, selalu ditolak. Hanya saja pemerintah bisa menganggarkan pengadaan mobil dinas kepresidenan tanpa persetujuan Jokowi.

"Enggak harus disetujui Presiden, pengadaan biasa. Keputusan menteri saja selesai," kata mantan Rektor UGM itu.

Menurutnya, pengadaan mobil baru Presiden itu penting lantaran masalah kondisi yang sekarang ini dianggapnya tidak layak lagi. Sebab, terlalu sering mogok untuk kendaraan yang ditumpangi orang nomor satu di Indonesia itu.

 "Sangat tidak layak. Sudah beberapa kali mogok. Di Banjarnegara pernah mogok. Di Kalimantan terus Ponorogo, Jawa Timur, kalau enggak salah. Jadi sudah ada urgensi," katanya.


------

Anehnya, pernyataan Menteri Sekretaris Negara ini dibantah oleh Kepala Sekretariat Presiden, Darmansjah Djumala.

Dalam penuturannya, mobil kepresidenan yang dimiliki oleh negara ternyata berjumlah 10 unit. Mobil VVIP tersebut digunakan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Darmansjah Djumala bahkan mengatakan, jenis Mercedes-Benz S600 Guard, yang biasa digunakan Presiden Jokowi dalam berkegiatan, termasuk saat mogok pada Sabtu, 18 Maret 2017 lalu, berjumlah tujuh unit. Mobil ini juga digunakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam bertugas.

"Ada tujuh unit. Termasuk juga dipakai oleh Wapres," kata Darmansjah, Senin, 20 Maret 2017 lalu.

Ternyata mobil yang digunakan Presiden dan Wakil Presiden tak hanya Mercedes-Benz S600 Guard saja. Ada juga jenis jip dan limosin. Semua mobil tersebut merupakan pabrikan Mercedes-Benz alias Mercy.

 "Itu kemarin tidak fatal, tidak rusak, cuma akselerasinya melemah. Jelas terjadi pelemahan akselerasi. Nggak primalah. Istilahnya faktor umur. Diinjak gas tidak lari," kata Djumala.

"Limusin 1, jip Mercy 2," kata Djumala.

Sebelumnya, Djumala mengatakan, mobil-mobil VVIP/kepresidenan semuanya mendapatkan pengecekan dan perawatan rutin. Termasuk mobil Mercedes-Benz S600 yang mogok saat perjalanan di Mempawah menuju Kubu Raya di Kalimantan Barat, Sabtu, 18 Maret 2017 lalu. Mobil yang mogok tersebut sebenarnya dalam kondisi laik jalan namun ada kendala di bagian setting gas, sehingga mobil tidak bisa melaju dengan normal.

 "Itu kemarin tidak fatal, tidak rusak, cuma akselerasinya melemah. Jelas terjadi pelemahan akselerasi. Nggak primalah. Istilahnya faktor umur. Diinjak gas tidak lari," kata Djumala.

"Itu bagus untuk ukuran VVIP, masih laik. Diperiksa rutin, semua berkala," ucapnya

Subscribe to receive free email updates: