Benarkah Sukmawati Kecewa Soeharto Bubarkan PKI?


FAKTAMEDIA.NET - Putri Presiden pertama, Sukmawati Soekarnoputri terlihat kecewa Soeharto membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) tanpa sepengetahuan pemimpin negara waktu itu.

“Soeharto jalan sendiri, pembubaran PKI adalah keputusan Soeharto,” kata Sukmawati dalam acara ILC tvOne bertema “Pro Kontara Soeharto Pahlawan Nasional”

Kata Sukmawati, Soeharto tidak menaati Surat Perintah 11 Maret di mana salah satu isinya melakukan musyawarah dengan Presiden Soekarno.

“Dalam Surat Perintah Sebelah Maret tidak dilakukan baik oleh Soeharto karena di situ ada poin harus ada musyarawah presiden dengan panglima,” ujarnya.

Sukmawati terlihat kecewa terhadap Soeharto yang membubarkan PKI tanpa musyawarah dengan Presiden Soekarno bisa dilihat pada menit 2.02 di Youtube berjudul “Video Perang Mulut Kivlan Zen dan Sukmawati Soal Presiden Soeharto”.

Selain itu, Sukmawati mengatakan, Bung Karno memberikan kesaksian Soeharto telah berkhianat.

“Waktu Bung Karno ditahan sebagai tapol tetapi tahanan rumah Bung Karno menangis tersedu-sedu dengan tragedi bangsa ini, dan Bung Karno berkata Soeharto telah mengkhianatinya,” pungkas Sukmawati.

Sumber : suaranasional

Subscribe to receive free email updates: