Awal Debat, Anies Sudah Pukul Ahok: Telak!


FAKTAMEDIA.NET - Dalam debat II calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran kedua, Anies Baswedan memukul dengan menohok Basuki Tjahaja Purnama lewat bukti-bukti yang ia paparkan. Menurut Anies, dalam menata kota lebih dari sekedar menata gedungnya karena kalau berbicara menata kota adalah bagaimana warga meraih kesejahteraan, keadilan dan kebahagiaan.

"Penataan kota adalah untuk warganya dan siapa yang bertanggung jawab untuk itu adalah birokrasi," ujar Anies di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (27/1).

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, birokasi bertanggung jawab untuk memastikan seluruh asetnya dan di Jakarta aset birokrasi perolehannya Rp 341 triliun. Namun apabila dihitung sebenarnya lebih dari Rp 1.100 triliun.

Karenanya menurut Anies, Ibu Kota dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) belum mampu menciptakan kesehahteraan, kedilan dan kebahagian bagi para warganya. "Ini dimanfaakan oleh birokrasi untuk kesejahteraan keadilan dan hadirnya kebahagiaan sudahkah itu terjadi? Belum," katanya.

Menurut Anies, merujuk pada buktii, Jakarta rapornya masih merah ini bisa dilihat dari laporan kinerja mendapatkan nilai C. Kemudian perencanaan program Pemeritah DKI menargetkan mencapai 100 persen. Namun hanya terlaksana hnya 70 persen.

Kemudian ditambahkan Anies, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok mendapatkan nilai tidak wajar tanpa pengecualian. Sementara laporan Ombudsman hanya mendapakan skor 61 dan rangking 16 dari 33 provinsi.

Padahal tutur Anies, sebelum Ahok menjadi Gubernur, skor sebelumnya Jakarta adalah 100, namun menjadi menjadi 56. Oleh sebab itu, Anies berjanji akan mengembalikan skor tersebut, dengan maju kotanya bahagia warganya sesuai dengan tema yang diusung dirinya dengan Sandiaga Uno.

"Oleh karena itu kami akan mengembalikan jadi Jakarta yang lebih efektif," pungkasnya.

Sumber : jawapos

Subscribe to receive free email updates: