Umat Islam Indonesia Sudah Khatam Soal Toleransi, jika Tidak Indonesia Sudah Lama Bubar


FAKTAMEDIA.NET - Himbaun untuk kaum yang selalu mempersoalkan toleransi kepada umat Islam nampaknya agar dipikir-pikir kembali. Sebab, bila Islam tidak bersikap toleransi kepada kaum lainnya, bisa jadi Indonesia sudah bubar.

"Soal toleransi, umat Islam di Indonesia itu sudah khatam dan tamat. Jikalau umat Islam tidak merawat toleransi, maka bisa saja Indonesia sudah bubar," kata PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, Kamis (29/12/2016), di Jakarta.

Kalaupun, lanjutnya, ada paham-paham yang ditengarai nampak tidak berlaku toleransi, itu pun menurut Dahnil hanyalah golongan kecil yang tidak begitu berpengaruh. "Kalaupun ada yang mempunyai ideologi maut/intoleransi, itu hanya arus yang memang sangat kecil," katanya lagi.

Namun, hal itu tidaklah perlu dirisaukan bila aparat penegak hukum bekerja dengan cepat. "Kuncinya itu ada di penegak hukum. Karena kami di Muhammadiyah inginkan pejabat negeri memaknai toleransi itu engan otentik.

Tapi kami lihat toleransi yang ada saat ini penuh dengan kepura-puraan. Didagangkan. Toleransi itu mestilah ditampilkan dengan otentik," tutupnya.

Sumber : voa-islam

Subscribe to receive free email updates: