Tercium Aroma "Permainan" di Balik Pemilihan Lokasi Sidang Ahok


FAKTAMEDIA.NET - Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) belum memastikan lokasi sidang kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) digelar. Meski dibantah, tersiar kabar bahwa lokasi sidang akan berlangsung di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Pengamat Hukum Pidana dari Universitas Indonesia (UI) Chudri Sitompul mencium adanya "permainan" di balik kasus yang melibatkan petahana di Pilgub DKI Jakarta tersebut. Menurut dia, apabila kasus tersebut di sidangkan di kawasan Cibubur, maka hal itu dilakukan guna menutupi persidangan kasus ini.

"Kalau lokasi sidang itu di Cibubur maka harus dipertanyakan. Takutnya itu memang sengaja untuk sidangnya agar ditutup-tutupi karena orang akan malas untuk ke sana," kata Chudri saat berbincang dengan Okezone, Kamis (8/12/2016).

Chudri menilai, saat ini pemilihan lokasi sidang tak ubahnya seperti sebuah permainan. Hal itu karena, terdapat kesengajaan agar lokasi dipilih untuk mempersulit massa dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) mengawal jalannya sidang kasus penistaan agama.

"Karena agar setiap sidang itu tidak ada yang menekan. Ini seperti main game biar hakim tidak tertekan kayak ada seperti lawan dan kawan dalam hukum," tandasnya.

Sumber : okezone

Subscribe to receive free email updates: