Purnawirawan Polisi: Apa Rizal Ramli Dan Rachmawati Punya Pasukan Sampai Dituduh Makar?

Bambang Widodo Umar/Ilustrasi
FAKTAMEDIA.NET - Tuduhan makar yang ditujukan kepada sejumlah tokoh aktivis di antaranya Rizal Raamli, Rachmawati Soekarnoputri, Kivlan Kein, dan Sri Bintang Pamungkas, dipertanyakan.

"Saya kira polisi bertindak itu harus punya alat bukti. Menuduh makar juga itu tidak mudah," kata pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, sesaat lalu (Jumat, 2/12).

Ia pun kaget mendengar kabar Rizal Ramli dkk dijemput polisi pagi tadi. Terlebih penahanan mereka jelang aksi Bela Islam III.

Kejadian ini mengingatkannya ketika masih aktif di kepolisian pernah dituduh makar sampai ikut ditangkap bersama enam komisaris besar lainnya. Meski belakangan tidak terbukti. Ketika itu Polri dipimpin Bimantoro.

Ia sempat menjalani pemeriksaan intensif di Mabes Polri.

"Saya dibilang mengerahkan pasukan, ya ini, ya itu, tapi saya tidak punya pasukan. Apa Rizal Ramli punya pasukan? Apa Rachmawati punya pasukan? Jadi harus teliti, harus hati-hati menuduh makar," kata Bambang yang tengah menjalani opname di RS Pusat Pertamina, Jakarta.

Pesannya jangan sampai polisi dipolitisasi oleh kekuatan politik tertentu.

"Polisi ini kan penegak hukum, ikutlah KUHP," ucap purnawirawan Polri angkatan 1971 dan pernah masuk Tim 9 Presiden Joko Widodo, tersebut.

Sumber : rmol

Subscribe to receive free email updates: