"Ketika Onta Teriak Onta"


FAKTAMEDIA.NET - Ane bicara penghina ane punya agama, ente bilang ane main politik. Ya, sudah, nggak apa-apa. Tapi ente malah nuduh ane mencampur adukan agama sama politik. Lha, yang nyampur persoalan agama dan politik kan ente? Tapi ya sudahlah. Gimana ente aje deh.

Ane sih sudah hapal. Setiap ane bicara soal ane punya agama, ente bilang ane anti NKRI, anti kebhinekaan. Ane diem aje. Tapi ente terus saja nyerocos soal pentingnya kebhinekaan. Emangnye ente aje pemilik negeri ini? Ane cuma ngendon, gitu? Emangnye cuma engkong ente aje yang berjuang merebut kemerdekaan, engkong ane ngumpet di kolong meja, gitu?

Ente belon puas, lalu temen-temen ente baris di jalan Sudirman, bawa bendera, pakai baju merah putih. Itu yang ente bilang NKRI, kebhinekaan? Ane bilang sih itu cuma baris-bebaris aje, sambil sekalian nyindir-nyindir ane, gitu. Tapi karena ane orangnya asyik-asyik aje, ya biarin aje deh, yang penting ente seneng.

Saking merasa paling Indonesia banget, temen-temen ente ngusir ane ke Arab. Itu yang ente maksud toleransi? Jangan-jangan ente juga nggak ngerti makna kebhinekaan. Tapi ane nggak marah kok, kan ente tahu ane orangnya asyik-asyik aje.




Ane dihina, disamain sama Onta. Padahal ente bilang, kita jangan saling menghina. Ya, ane diem aje. Sekarang temen-temen ente ngundang ulama dari Mesir buat belain junjungan ente. Haaah..apa ini namanye bukan “Onta teriak Onta? “

Padahal kan ente yang ngajarin ane, kalau beragama harus berpijak di bumi sendiri, kita terkenal dengan bangsa yang ramah, beda sama orang-orang timur tengah yang gemar perang. Lha, para ulama yang katanya nusantarais itu ente nggak pake, ente malah milih yang ente anggap galak itu. Waktu ane demo, ente bilang, “Emangnye ente mau negara kita jadi kaya Suriah? Kaya Mesir? “ Arab spring, kata ente. Lha, temen-temen ente sekarang malah ngimpor orang Mesir.

Kalau misalnya ulama Mesir itu bilang, Al Maidah 51 tidak melarang umat Islam memilih pemimpin non muslim, sebenarnya sih ane mau bilang, "Kalau gitu jadi gubernur di Kairo aje." Tapi ane nggak bakal ngomong kaya gitu, kan ente tahu ane orangnya asyik-asyik aje.

(Balya Nur)

__

Subscribe to receive free email updates: