TKA China Berbondong-bondong ke Indonesia Bukan Fitnah Dan Omong Kosong, Ini Buktinya!


FAKTAMEDIA.NET - Banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok masuk Indonesia, termasuk Batam, bukanlah omong kosong.

Lihat saja proyek investasi Fantasy Islang di Pulau Manis, Kecamatan Belakang Padang,Batam.

Sebanyak 36 warga negara asal Tiongkok ini diketahui bekerja pada proyek itu setelah Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang melakukan sidak, Kamis, 27 Oktober 2016.

Dalam sidak yang dilakukan serentak oleh Direktorat Imigrasi di seluruh Indonesia, WNA asal Tiongkok ini bekerja di berbagai bidang.

Semuanya memiliki izin selama enam bulan dan mendapatkan sponsor.

Sebanyak 30 TKA izin tinggal sementara untuk bekerja disponsori oleh PT Eka Vita.

Sedangkan enam TKA lagi disponsori oleh PT Europe Marine Control Indonesia.

"Semua TKA asal Tiongkok itu masing-masing bekerja di bidang welding specialist, project manager, contruction  specialist dan electrical engineer. Kita di sini hanya mengawasi saja, dan setelah diperiksa semuanya memiliki KITAS," kata Komarudin, Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang.

Terkait bidang pekerjaan TKA, apakah diperbolehkan atau tidak, itu bukan wewenangnya. Pihaknya hanya melakukan pengawasan terhadap WNA.

"Kalau masalah apakah diperbolehkan atau tidak bukan wewenang Imigrasi. Silakan tanyakan ke dinas atau instansi terkait," katanya.

Kepala Kantor Imigrasi kelas II Belakang Padang, I Made Sudarta yang memimpin langsung sidak itu mengatakan, kegiatan ini merupakan pengawasan rutin terhadap keberadaan WNA.

"Kita periksa satu persatu dokumen 36 TKA asal Tiongkok ini, semuanya ada izin. Bahkan KITAS yang dipegang TKA itu diberikan selama enam bulan untuk tinggal sementara," katanya.

Sumber : tribunnews

Subscribe to receive free email updates: