Pengamat: Target Koalisi Cikeas Bukan untuk Menang, Kemungkinan untuk Memecah Suara Pemilih Anies-Sandi


FAKTAMEDIA.NET - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, yang diusung oleh Koalisi Cikeas dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang bukan menargetkan untuk menang dalam kontestasi. Koalisi Cikeas terdiri dari Partai Demokrat, dan tiga partai pendukung pemerintah, yakni, PPP, PKB, dan PAN.

Menurut Pengamat politik dari Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti, pasangan Agus-Sylvi hadir untuk memecah suara Gerindra-PKS yang mengusung Sandiaga Uno-Anies Baswedan.

"Pasangan Agus-Syilvi tidak dimaksudkan untuk menang dalam Pilkada DKI. Kemungkinan pasangan ini dimajukan untuk memecah suara pemilih Anies-Sandiaga," ujar Ray di Jakarta, hari ini.

Target Koalisi Cikeas, menurut Ray, bukan untuk menang, tapi bagaimana suara lawan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat menurun. Dengan begitu, ada potensi bagi Ahok-Djarot untuk menang satu putaran.

"Sebagai tawaran partai koalisi pemerintah yang tergabung dalam Koalisi Cikeas pada Demokrat, maka ketiga partai itu merelakan bila Cagubnya adalah Agus. Dengan begitu, Demokrat tak ke mana-mana. Tetap dalam barisan tiga partai pendukung Jokowi," jelasnya.

Tapi, kata Ray, kalau salah kalkulasi akan bisa masuk ke putaran kedua.

Di putaran kedua, ada potensi tiga partai Islam yang tergabung dalam Koalisi Cikeas akan merapat ke koalisi Ahok-Djarot. Dengan begitu, peta politik lokal mencerminkan peta koalisi nasional.

"Tiga partai di oposisi, sementara yang lain berada di posisi Ahok-Djarot yang dipandang sebagai pasangan pilihan Jokowi," pungkas Ray.

Sumber : rimanews

Subscribe to receive free email updates: