Parah, Coretan 'PKI' Ramai di Spanduk Pemerintahan Berau


FAKTAMEDIA.NET - TNI ikut mencari pelaku pencoretan dengan tulisan PKI yang ditemukan di sejumlah spanduk di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pencoretan itu dinilai bukan perbuatan iseng. Terlebih lagi, lebih kurang dua pekan mendatang diperingati sebagai Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Kita koordinasikan dengab Polres Berau. Sekarang sedang kita selidiki pelakunya," kata Dandim 0902 Tanjung Redeb Letkol CZI Slamet Santoso, kepada merdeka.com, Jumat (16/9) malam.




Dari hasil kajian sementara, pencoretan spanduk itu bukan dilakukan orang iseng. Itu lantaran pencoretan tulisan PKI tidak hanya ditemukan pada spanduk hari jadi ke-63 Berau dan hari jadi ke-206 Tanjung Redeb. Spanduk imbauan jaga kamtibmas Polri dan antinarkoba milik Kodim 0902 Tanjung Redeb juga dicoret tulisan 'PKI'.

"Kesimpulan sementara, ini bukan perbuatan orang iseng. Kalau iseng bukan mencoret dengan tulisan PKI. Apalagi yang dicoret, spanduk bergambar pimpinan daerah," ujar Slamet.

"Ya itu tadi, kalau iseng, tidak mungkin lebih dari satu. Spanduk yang dicoret kan juga milik dari Polri, dan juga spanduk antinarkoba yang kita pasang," tambah Slamet.




Menurut Slamet, pascatemuan spanduk bercoretkan PKI itu, mengindikasikan beragam kemungkinan. "Apakah pencoret itu simpatisan? Apalagi ini kan bulan September, berkaitan dengan G30S. Ada kemungkinan, mau menunjukkan eksis lagi, menarik perhatian. Kedua, mungkin ada kecewa dengan kebijakan Pemda, dan melampiaskan dengan tulisan itu," terang Slamet.
"Kemungkinan ketiga, tidak ada kaitannya dengan keduanya itu, melainkan hanya ingin buat keresahan. Yang jelas ini pelanggaran. Itu kan simbol-simbol pemerintah daerah yang dilecehkan," tegasnya.




Namun demikian, aparat telah meminta masyarakat agar tidak resah dan khawatir, dengan adanya coretan tulisan PKI itu. "Saya sudah berikan imbauan kepada masyarakat, tidak perlu resah, tidak perlu takut, tapi tidak menurunkan kewaspadaan," terangnya.

"Kalau resah masyarakat sepertinya tidak. Masyarakat cenderung kecewa. Kok di hari jadi Berau, ada perbuatan orang-orang seperti itu. Masyarakat menilai itu perbuatan orang pengecut," terangnya.

Diketahui, warga menemukan sejumlah spanduk bercoretkan tulisan PKI, Kamis (15/9) lalu sekitar pukul 02.00 WITA dini hari, yang juga bertepatan dengan hari jadi Berau dan Tanjung Redeb. Kapolres Berau AKBP Handoko memastikan jajarannya, juga tengah menyelidiki pelaku pencoretan. Dua orang warga dimintai keterangan, dan telah mengamankan 6 spanduk bercoretkan tulisan PKI.

Subscribe to receive free email updates: