Bicara dengan Pimpinan Hamas, PM Yildirim Tegaskan Turki Akan Terus Membantu Palestina


FAKTAMEDIA.NET - Turki akan terus mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza, Perdana Menteri Binali Yildirim mengatakan kepada pemimpin Hamas Khaled Mashal pada hari Selasa (13/9).

Dalam pembicaraan via telepon dengan Ketua Biro Politik HAMAS ini, Yildirim mengatakan Turki akan selalu berdiri dengan rakyat Palestina.

Sejak tahun 2007, Jalur Gaza telah mengalami blokade bersama oleh Israel dan Mesir yang telah merampas kebutuhan dasar sekitar 1,9 juta penduduk Gaza, terutama makanan, bahan bakar, obat-obatan dan bahan konstruksi.

Masuknya bantuan dari Turki ke Gaza belum lama ini terjadi setelah kesepakatan yang ditandatangani baru-baru ini antara Turki dan Israel di mana dua negara sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik setelah absen enam tahun.

Bantuan kemanusiaan gelombang kedua dari pemerintah dan 14 LSM Turki dibawah koordinasi Unit Perdana Menteri Bagian Bencana dan Manajemen Darurat (AFAD), telah mencapai Gaza sebelum Idul Qurban kemarin.

Sebelumnya Turki juga telah mengirim bantuan kemanusiaan pada Idul Fitri yang lalu.

PM Turki Binali Yildirim menegaskan bantuan Turki akan terus diberikan dan Turki akan selalu berdiri dengan rakyat Palestina.

Subscribe to receive free email updates: