Ada Korupsi Biaya Pemeliharaan di Kasus Robohnya JPO Pasar Minggu


FAKTAMEDIA.NET - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan roboh diterpa angin kencang saat hujan. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan memerintahkan jajarannya mengusut adanya dugaan korupsi dalam pemeliharaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) tersebut.

"Saya sudah perintahkan kapolres. Itu kan jembatan harusnya kan ada biaya maintenance," ujar Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/9/2016).

Polda akan meminta kejelasan dari pihak yang bertanggungjawab mengenai apakah ada biaya perbaikan bagi JPO. Jika dalam penelusurannya ditemukan adanya biaya perbaikan, maka indikasi adanya korupsi sudah dapat terlihat.

"Kenapa tidak dilakukan maintenance terjadi kerusakan sehingga menyebabkan ada angin, keropos, jatuh dan menimpa orang. Itu yang akan kami dalami," ungkap Iriawan.

Namun, jika ada anggaran untuk perbaikan dan telah dilakukan maintenance secara berkala, polisi menyelidik adanya dugaan lain. "Kalau nanti ada unsur kesengajaan kita minta pertanggungjawaban," ungkap Iriawan.

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta masih menelisik penyebab pasti robohnya jembatan itu. Dugaan sementara, angin kencang membebani baliho yang terpasang di rangka besi pagar jembatan. Selain itu, komponen jembatan keropos hingga terkoyak diterpa badai.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak membantah banyaknya jembatan penyeberangan di Jakarta yang sudah dalam kondisi uzur. "Karena JPO-nya sudah tua," kata Ahok.

Sumber : harianterbit

Subscribe to receive free email updates: