Usai Risma Marah , Ahok Membantah Dirinya Pernah Sebut Surabaya Hanya Setara Jakarta Selatan

Ahok , Foto: Ahmad Ziaul Fitrahudin
FAKTAMEDIA.NET - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merasa tak pernah membandingkan luas wilayah antra Jakarta dan Surabaya. Ia hanya menjelaskan hierarki pemerintahan Jakarta dan Surabaya yang tidak sama.

"Kan saya bilang bukan luas. Aku juga ngerti kok luas Jakarta dua kali luas Surabaya," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2016).

Dia menerangkan, Surabaya setara dengan Jakarta Selatan dari segi heirarki. Ahok mencontohkan ketika ada penilaian Adipura, Surabaya tak bisa dibandingkan dengan DKI. Surabaya hanya bisa dibandingkan dengan kota di Jakarta seperti Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan.

"Jadi itu setara yang saya maksud. Bukan luas wilayah. Emang gue enggak ngerti geografi apa," ucap Ahok.

Ahok merasa publik salah menangkap pernyataan dirinya. Bekas Bupati Belitung Timur ini tak bermaksud mengecilkan Surabaya melalui pernyataannya.

"Jadi bukan mau meremehkan Surabaya. Kalau saya meremehkan Surabaya, kamu lihat pernah enggak saya mengkritik bu Risma" ucap dia.

Ahok justru mengklaim dengan senang hati mengundang setiap kepala daerah bertarung di Jakarta. Menurutnya akan sangat baik apabila banyak orang sukses mengikuti Pilgud DKI 2017. Masyarakat Jakarta akan memiliki lebih banyak pilihan.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Risma berang dengan pernyataan Ahok yang menyetarakan Jakarta Selatan dengan Surabaya. Menurut Risma, Jakarta punya privillege lebih dari segi anggaran. Sementara dengan anggaran Rp7,9 triliun, Surabaya dianggap hanya layak memperbaiki trotoar.

"Jumlah itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan DKI Jakarta yang memiliki anggaran Rp64 triliun. Pendudukku hanya seperempatnya DKI," ujar Risma, kemarin.

Sumber : pos-metro

Subscribe to receive free email updates: