JK : Full Day School Bukan Hal Biasa, Pesantren Malah All Day

Jusuf Kalla
FAKTAMEDIA.NET - Wakil Presiden Jusuf Kalla minta sekolah sehari penuh terlebih dulu diuji coba di daerah-daerah tertentu sebelum diterapkan.

"Uji coba dulu di daerah tertentu, kalau berhasil boleh secara bertahap. Karena saya yakin tidak semua sekolah juga daerah siap," kata JK di Jakarta, Rabu (10/8/2016), seperti dikutip Antara.

Dia mengatakan, bahwa sekolah sehari penuh bukan hal baru, beberapa sekolah swasta sudah menerapkan model pembelajaran semacam itu.

"Jangankan full day, ada sekolah yang all day seperti pesantren. Pesantren kan siang dan malam belajar, ini bukan hal unik tapi biasa saja," tambah dia.

Namun, dia mengatakan, penerapannya harus dilakukan setelah syarat-syarat tertentu seperti kantin dan ruang bermain yang baik tersedia.

Menurut dia, penerapan model belajar semacam itu harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mewacanakan sekolah sehari penuh, menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Muhadjir sendiri mengungkapkan, Full Day School juga baru menjadi wacana dan ide ini berasal dari Presiden Jokowi. Namun tanggapan publik sudah banyak yang menolak bahkan mem-bully-nya habis-habisan.

Sumber : suara-islam

Subscribe to receive free email updates: