Difitnah Ber-IQ Rendah, Yusril: Lihat Arsip Fakultas Psikologi UI Tahun 1976 , Disitu terekam berapa IQ saya

Foto : kompas
FAKTAMEDIA.NET - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Yusril Ihza Mahendra angkat bicara soal survey Hamdi Muluk yeng menempatkan intelektualitas dirinya pada level paling bawah.

Yusril membenarkan tulisan DR. Syahganda Nainggolan bahwa survey Hamdi Muluk adalah kebohongan ilmiah dengan judul “Yusril, Jakarta dan Pelacur Intelektual, Kritik atas Survei “Menakar Kandidat DKI 1”

Yusril mengatakan, seseorang itu sakit apa tentu harus didiagnosis dulu untuk sampai pada kongklusi penyakit apa yang diderita orang ini, baru kemudian memutuskan theraphy apa yang akan diambil.

“ Hamdi Muluk menyimpulkan bahwa tingkat intelektualitas saya paling rendah di antara semua bakal calon Gubernur berdasarkan pendapat “para pakar” yang tak pernah “mendiagnosis” intelektualitas baik balongub yang lain maupun saya secara langsung,”kata Yusril di Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Lanjut Yusril, data dari pendapat para pakar itu kemudian dikumpulkan Hamdi, disimpulkan dan diurut satu demi satu dari yang tertinggi sampai yang terendah.

Yusril mempertanyakan pertanggungjawaban akademis survey Hamdi Muluk. Menurutnya penelitian Hamdi Muluk hanyalah “survey opini” para responden yang di tanya, bukan riset di bidang psikologi,

“Penelitian Hamdi hemat saya adalah “survey opini” para responden yang dia tanya dan sama sekali bukan riset di bidang psikologi. Dimana pertanggungjawaban akademis Hamdi? ” ujarnya.

Yusril menyarankan sebaiknya Hamdi buka arsip Fakultas Psikologi UI yang melakukan test terhadap dirinya ketika masuk menjadi mahasiswa UI tahun 1976. ‘ “Disitu terekam berapa IQ-saya, “ ungkap Yusril.

Subscribe to receive free email updates: