Berusaha Kabur, Simamora Tangkap TKA Asal Tiongkok Yang Diduga Kuat Tak Miliki Dokumen


FAKTAMEDIA.NET - Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja Disnakertrans Kalbar, H J Simamora menangkap langsung Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diduga kuat tidak memiliki dokumen lengkap.

TKA asal Republik Rakyat Tiongkok ini bernama Liong Hwa. Liong Hwa merupakan pekerja yang kabur saat tim dari Disnakertrans dan Imigrasi Kelas 2 Singkawang melakukan pengawasan ke PT Mega Permata Karya Sukses di Desa Cap Kala Kecamatan Cap Kala, Bengkayang pada Senin (2/5/2016).

Sementara pengamanan dilakukan pada Selasa (3/5/2016) usai tim ini menguntit pelarian Liong Hwa hingga ke Desa Monterado Kecamatan Monterado. Pengaman terhadap Liong Hwa dilakukan di areal Bekas lokasi perusahaan tambang Mas Meaning.

Liong Hwa kedapatan berupaya kabur dari melalui semak-semak namun disaat yang bersamaan berpapasan dengan Simamora yang sedang menyusur rute belakang Mas Meaning. Akhirnya dengan sigap pria paruh baya ini langsung menangkap tangan Liong Hwa.

"Jangan takut, silakan senyum tidak apa-apa," kata Simamora dalam bahasa inggris kepada Liong Hwa yang tampak ketakutan.

Namun warga asing ini mengaku tidak dapat berbahasa Inggris.

Saat ini tim masih dalam perjalanan menuju kota Singkawang, sementara Liong Hwa dibawa menggunakan mobil Imigrasi.

Berita sebelumnya, Tim Pengawas Ketenaga Kerjaan Disnakertrans Prov Kalbar bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas 2 Singkawang yang dipimpin langsung kabid hubungan industrial dan pengawasan tenaga kerja Kalbar, Simamora, melakukan pemeriksaan bersama tim terkait informasi yang diterima dari masyarakat.

Sumber : tribunnews

Subscribe to receive free email updates: