Ahok Terancam Gagal Nyalon, 3 Partai Pendukung Tak Kunjung Beri Jaminan Akan Diusung


FAKTAMEDIA.NET - Partai Golkar, Nasdem, dan Hanura memang sudah mendeklarasikan akan mendukung Basuki T. Purnama (Ahok). Namun itu belum jaminan Ahok akan ikut bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 mendatang.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menjelaskan Ahok bisa dipastikan maju sebagai cagub kalau sudah didaftarkan ketiga partai tersebut ke KPUD DKI Jakarta. Karena saat ini, ketiga partai tersebut mempunyai posisi yang sangat strategis.

"Setelah petahana (Ahok) batal dari jalur perseorangan, nilai tawar Ahok langsung melemah. Sedangkan posisi tawar partai politik naik melejit," kata Emrus, Senin (8/8), seperti dilansir RMOLJakarta.

Menurutnya, rendahnnya posisi tawar tersebut pasti berdampak pada semua bidang kepentingan politik, termasuk visi politik petahana terhadap kepentingan partai pengusung.

"Intinya ketika petahana tidak menyerahkan syarat dukungan hingga Minggu (7/8) kemari jam 16.00, posisi tawar petahana terjun bebas," tekan Emrus.
Karena itu, dinamika transaksi komunikasi politik petahana dengan tiga kemungkinan partai pengusung sangat menentukan, apakah petahana jadi cagub atau berhenti di tengah jalan.

"Sebab perubahan peta politik, termasuk partai yang akan mengusungnya, sangat-sangat cair, secair petahana 'mengabaikan' sejuta KTP dukungan," ucap Emrus.

Dalam suatu proses komunikasi politik, kata dia, dipastikan terbentuk kesepakatan-kesepakatan politik. Dalam membangun kesepakatan tersebut tak terhindarkan terjadi transaksi kepentingan politik antar sesama partai pengusung dan antar partai dengan calon petahana.

"Biasanya terjadi tawar-menawar kepentingan politik. Karena petahana sudah tidak punya posisi tawar yang kuat mempertahankan calon pasangannya tersebut. Bahkan partai punya 'power sharing' untuk menyodorkan kader mereka menjadi cawagub," demikian Emrus.

Sumber : rmol

Subscribe to receive free email updates: