Rizal Ramli: Selama Ini, Nelayan Lokal Nggak Diberi Izin ke Natuna Karena Diberikan Ke Asing


FAKTAMEDIA.NET - Pemerintah akan memberikan sertifikat dan izin agar kapal tradisional yang berada di wilayah pantai utara Jawa bisa menangkap ikan sampai ke Pulau Natuna. Ini lebih baik dibandingkan kondisi sebelumnya yang dikuasi kapal asing.

Hal ini dikatakan oleh Menko Maritim, Rizal Ramli menyampaikan hasil rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

"Banyak sekali nelayan tradisional yang punya kapal ikan di atas 30 GT. Di Jepara, Pantai Utara. Supaya mereka diberikan izin tangkap di Natuna. Selama ini mereka nggak pernah diberikan izin tangkap di Natuna, karena dikasih ke kapal berbendera asing," terang Rizal.

Pemberian sertifikat dan izin akan dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kementerian Perhubungan membuat sertifikatnya, KKP memberikan izin. Ini Presiden meminta agar dua-duanya diintegrasikan agar secepat mungkin kapal yang di atas 30 GT bisa diarahkan ke Natuna," paparnya.

Dengan demikian maka kapasitas tangkap ikan di wilayah Natuna akan semakin tinggi. Sekarang yang baru dioptimalkan hanya mencapai sekitar 8,9%.

"Selama ini, kapasitas tangkap hanya 8,9% dari total potensi ikan tangkap di wilayah itu. Jadi ikannya banyak sekali, tapi kapasitas tangkap kita hanya 8,9%. Di masa lalu, kebanyakan kapal asing yang masuk dan nyolong disitu," ungkap Rizal.

Sumber : detik

Subscribe to receive free email updates: