Kompensasi Pinjaman Utang, 10 Juta Tenaga Kerja Cina Bakal Banjiri Indonesia

Ilustrasi
FAKTAMEDIA.NET - China benar-benar membuat masalah dan mulai ‘menjerat’ pemerintah Indonesia. Pasalnya, pemerintah negeri Panda itu mengharuskan 10 juta tenaga kerjanya masuk ke Indonesia sebagai kompensasi inventasi dan pinjaman Indonesia.

Mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Yusril Ihza Mahendra pun mendesak pemerintah berpikir matang terkait kehadiran 10 juta pekerja Cina sebagai kompensasi dari investasi dan pinjaman RI tersebut.

“Kehadiran 10 juta pekerja itu akan menimbulkan persoalan kependudukan, sosial, ekonomi dan politik di masa sekarang dan masa depan,” kata Yusril di akun Twitter seperti dilansir rimanews, Kamis (14/7/2016).

Yusril membandingkan sikap Indonesia dengan sikap Myanmar yang mulai waspada terhadap gejolak yang bakal timbul dari membanjirnya tenaga kerja China. “Myanmar juga mulai bersikap hati-hati dengan kehadiran pekerja China ke negaranya yang dikaitkan dengan investasi dan pinjaman pemerintah,” jelasnya.

Pakar hukum tata negara itu mengingatkan jika investasi yang disertai kehadiran tenaga kerja tak terdidik itu bakal menguntungkan China ketimbang Indonesia. “Investasi dan pinjaman yang disertai dengan ekspor pekerja itu bisa-bisa lebih menguntungkan China daripada bangsa dan negara kita,” katanya.

Sumber : medansatu

Subscribe to receive free email updates: