Dulu Jonan Bilang: "Hanya Orang Tolol Yang Suruh Saya Mundur", Eh Sekarang Dicopot Jokowi


FAKTAMEDIA.NET - Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan kabinet atau reshuffle jilid II di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta (27/7/2016).

Dari total 12 menteri baru yang diangkat pada reshuffle jilid II ini, dua menteri jadi sosok yang tak disangka akan digantikan Jokowi.

Yakni Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan dan Menteri Pendidikan Nasional, Anies Baswedan. Ucapan perpisahan pun bertebaran di twitter.

Khusus Jonan, menteri yang dikenal dengan aksi sidak dan marah-marah ini harus lengser digantikan Budi Karya Sumadi.

Kemunduran Jonan ini seakan mengulang kembali ucapannya yang menjadi kilas balik ketika peristiwa arus mudik yang memakan belasan korban.

"Hanya orang tolol yang suruh saya mundur," sepenggal ucapan Jonan kala terjadi kemacetan di Brexit, istilah Gerbang Tol Brebes.

Komentar ini kemudian dibahas kembali dan ramai diperbincangkan di twitter.

Seperti cuitan ‏@jalu_jazz yang meretweet MPICommunity PRO "Kata @IgnasiusJonan yg bisa nurunin dia dari menteri hanya org tolol....Mr. presiden udh turunin tuh."

Hal serupa dituliskan ‏@frans_surya "Kata @IgnasiusJonan hanya org tolol yg suruh saya mundur lah situ dipecat pak @jokowi."

Komentar lainnya menyayangkan digantikannya Jonan. Seperti akun ‏@marchelsa yang mempertanyakan digantikannya Jonan pada reshuffle ini.

"And honestly, @jokowi , why would you replace Anies Baswedan and Ignasius Jonan? They've been doing really, really well." (jujur saja Jokowi, mengapa Anies Baswedan dan Ignasius Jonan digantikan, mereka sudah bekerja dengan baik).

Akun ‏@hariadhi menuliskan "Terima kasih utk pengabdiannya pak @IgnasiusJonan. Sudah banyak perubahan terjadi di transportasi Indonesia. Semoga sukses terus berkarya."

Tweetan lain adalah foto ketika Jonan tidur di kereta api, yang dijadikan meme oleh netizen karena berita reshuffle ini.
Seperti yang ditweet akun ‏@topazaditia. "Diganti? Apakah ini cuma mimpi? @IgnasiusJonan @jonan_ignasius @CommuterLine @KAI121 @fatmapuspita."

Sementara dilansir Wartakota, Ignasius Jonan dicopot dari jabatan Menteri Perhubungan. Pencopotan itu diduga karena Jonan gagal menyelenggarakan angkutan mudik Lebaran 2016 sehingga terjadi gerbang tol Brebes, Jawa Tengah.

Jonan diganti oleh Budi Karya Sumadi yang dinilai sukses mengembangkan beberapa bandara saat menjadi Dirut PT Angkasa Pura II.

Seperti diketahui, kemacetan parah terjadi di Gerbang Tol Brebes atau yang biasa disebut atau dikenal juga dengan istilah Brexit.

Sepanjang angkutan mudik, bisa dibilang kemacetan di gerbang tol Brebes ini adalah kemacetan terparah.

Sejumlah kalangan, terutama anggota DPR mendesak agar Presiden mencopot Jonan karena dinilai gagal menyelenggarakan angkutan mudik 2016.

Budi Karya sukses mengembangkan kawasan rekreasi Ancol sebelum kemudian oleh Gubernur DKI saat dijabat Joko Widodo diangkat menjadi Dirut Jakarta Propertindo.

Sumber : tribunnews

Subscribe to receive free email updates: