Hadiah Lebaran Pemerintah Jokowi: Tarif Listrik Naik


FAKTAMEDIA.NET - Pemerintah bakal beri hadiah setelah lebaran yakni naiknya tarif dasar listrik, Setelah menikmati hari kemenangan bagi umat muslim, yakni hari raya Idul Fitri, pemerintah bakal memberikan kejutan berupa naiknya tarif dasar listrik bagi 12 golongan yang telah mengikuti mekanisme tarif adjusment.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menuturkan, kenaikan tarif untuk 12 golongan Juli ini tidak banyak. Bila dibandingkan kenaikan tarif listrik pada periode yang sama Juli 2015, tarif listrik saat ini turun 10 persen. naiknya tarif dasar listrik

“Tarif listrik naik dikit hanya Rp 8. Kalau dari bulan ke bulan selama 2016 kan naik turun naik turun, tapi kalau dibandingkan Juli 2015 malah turun 10 persen,”ujarnya dalam acara open house di kediaman Menteri BUMN, Jakarta, Rabu (6/7/2016).

Sofyan menuturkan, kenaikan tarif listrik dikarenakan adanya kenaikan harga minyak mentah Indonesia (ICP).


“Selain itu terjadi efisiensi di dalam , di mana terjadi perubahan energi primer dari batu bara ke gas. Faktor pendukung kenaikan juga karena inflasi pada Mei. Namun dari semua itu ICP yang paling utama,”terangnnya.

Sekadar informasi, PT PLN menyebutkan, dari 22 juta pelanggan 900 va yang selama ini mendapatkan subsidi listrik, hanya sekitar 4,1 juta yang berhak mendapatkan.

Setidaknya sekitar 18 juta pelanggan yang selama ini masuk sebagai pelanggan 900 va tidak layak mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah.

Sumber : lingkarannews

Subscribe to receive free email updates: