Setelah Sapi dan Bawang, Pemerintah Berencana Impor Orang Asing Jadi Rektor PTN


FAKTAMEDIA.NET - Rencana pemerintah untuk merekrut orang asing menjadi rektor perguruan tinggi negeri (PTN), ditentang banyak pihak. Ekonom Ikhsan Modjo ikut mengecam rencana itu.

“Setelah sapi dan bawang, sekarang rektor PTN juga mau impor. Aya2 wae,” tulis Ikhsan Modjo di akun Twitter @IkhsanModjo mengomentari tulisan bertajuk “Pemerintah Akan Rekrut Orang Asing Jadi Rektor PTN.”

Diberitakan sebelumnya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, Presiden Joko Widodo mengarahkan agar pendidikan tinggi Indonesia mampu bersaing di kelas dunia.

Untuk itu, pemerintah mewacanakan merekrut orang asing menjadi rektor perguruan tinggi negeri (PTN). Wacana ini digulirkan untuk mengikuti negara lain yang menerapkan kebijakan tersebut sehingga kampusnya berkelas dunia.

‘’Saudi dulu tidak diperhitungkan. Rangkingnya di luar 500 besar dunia. Tapi sekarang sudah masuk peringkat 200 dunia. Sebut saja King Saud University yang dulu tidak diperhitungkan dunia,’’ ujar Nasir seperti dikutip sindonews (02/06).

Menurut Nasir, diperlukan banyak rapat konsultasi dengan presiden untuk merealisasikan kebijakan ini. Sekarang, kata Nasir, pihaknya sedang menyiapkan infrastruktur dan instrumen lain yang perkembangan selanjutnya akan intensif dilaporkan ke presiden.

Sumber : intelijen

Subscribe to receive free email updates: