Rizal Ramli : Pemimpin DKI Harus Belajar Cintai Rakyat, Jangan Cuma Dimaki-maki.


FAKTAMEDIA.NET - Menteri Koordinator MaritimRizal Ramli memiliki pesan khusus untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Terlebih Ahok akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 mendatang.

Rizal mengatakan, jika ingin menjadi pemimpin yang dicintai rakyat, maka pemimpin tersebut harus terlebih dahulu mencintai rakyatnya. Bukan hanya sekadar marah-marah untuk menunjukkan sikap tegasnya.

"Siapa pun pemimpin harus belajar mencintai rakyatnya, tidah boleh maki-maki rakyatnya," ujar dia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (26/6/2016).

Di mencontohkan, sikap yang ditunjukkan oleh Bernie Sanders, salah satu calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat. Meskipun Bernie sering melancarkan kritik, namun kritik tersebut tidak sampai menyakiti hati rakyat AS.‎ Begitu juga dengan Donald Trump, pengusaha yang ingin maju dalam pemilihan Presiden AS.

"Di Amerika, Bernie Sanders kampanye mengkritik elite, mengkritik status quo, tetapi rakyat, anak muda mendukung Bernie Sanders. (Donald) Tramp mengkritik elite, kontroversial, kasar, tapi dia tidak pernah maki-maki rakyatnya," kata dia.

Jadi menurut Rizal, ‎siapa pun yang ingin menjadi seorang pemimpin, maka harus mencintai rakyatnya. Jika memang ada sesuatu yang kurang dipahami rakyatnya, maka menjadi tugas pemimpin untuk memberikan pemahaman secara baik.

"Jadi siapa pun pemimpin di Jakarta, atau daerah mana harus belajar mencintai rakyat, jangan maki-maki rakyat. Kalau rakyat tidak mengerti‎ ya diajari, rakyat kurang paham ya dikasih tahu," ungkap dia.

Selain itu, Rizal juga menegaskan dirinya tidak pernah memberikan dukungan kepada Ahok atau calon kandidat Gubernur DKI lainnya. Menurut dia, pilkada bukan menjadi urusannya.

‎"Saya tidak dalam posisi dukung mendukung soal pemilihan gubernur," Rizal menandaskan.

Sumber : liputan6

Subscribe to receive free email updates: