Ini Penjelasan Wali Kota Solo Soal Kabar Larangan Buka Bersama

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (JIBI/Solopos/Dok)

FAKTAMEDIA.NET - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menanggapi kabar dari beberapa sumber di internet yang menyebut dirinya melarang adanya acara buka bersama dan halal bi halal di Kota Bengawan.

Saat menghadiri acara buka bersama keluarga besar Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo, Minggu (5/7/2015), walikota yang akrab disapa Rudy ini mengatakan pelarangan buka bersama dan halal bi halal tidaklah benar.

"Sesuai yang dinyatakan Bung Karno (Presiden Soekarno) dalam Pancasila sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, bahwa Bangsa Indonesia yang merdeka maka rakyatnya Ber-Tuhan sesuai keyakikan masing-masing dilandasi oleh semangat saling menghormati," ujar Rudy.

Rudy menambahkan larangan buka bersama maupun halal bi halal hanya berlaku di intansi lingkup pemerintah kota (Pemkot) Solo dengan catatan menggunakan uang APBD atau uang rakyat.

"Larangan SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk tidak melakukan kegiatan buka bersama atau halal bi halal menggunakan uang negara itu intruksi dari pusat. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan anggaran yang berpotensi melanggar hukum," sambungnya.

Menurutnya boleh saja, intansi atau dinas-dinas lingkup Pemkot Solo menggelar buka bersama atau halal bi halal berbarengan agenda rapat dinas atau agenda kerja lainnya.

"Tetapi agenda rapat atau agenda kedinasan ini harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan rakyat, bukan untuk mengakali cari-cari anggaran demi kepentingan intansi," tandasnya

Sumber : tribunnews

Subscribe to receive free email updates: