Hasil Survei Indo Barometer, HM Soeharto Presiden Terbaik Sampai Saat Ini


FAKTAMEDIA.NET - HM Soeharto dinilai sebagai presiden terbaik sampai saat ini. Hal ini berdasarkan hasil survei Indo Barometer, dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (3/5).
Mayoritas responden (27.5%) menjawab Soeharto adalah presiden terbaik sampai saat ini, Soekarno (24.8%), Joko Widodo (23,8%), Susilo Bambang Yudhoyono (9.0%), BJ. Habibie (5.0%), Abdurrahman Wahid/Gusdur (2.3%), Megawati Soekarnoputri (0.5%), tidak ada (7.3%).

Alasan utama responden mengatakan Soeharto adalah presiden terbaik Indonesia (Base Line: 27.5%) karena pada masa kepemimpinannya harga sembako/BBM murah (38.2%), aman/tentram (25.5%), ekonomi lebih baik (13.6%), rakyat sejahtera (3.6%), pembangunan merata (3.6%), peduli rakyat kecil (2.7%), merakyat (2.7%), bapak pembangunan (1.8%),

Mayoritas responden (63.3%) mengatakan presiden yang berlatar belakang suku Jawa dinilai berhasil dalam memimpin negara Indonesia, sebesar 17.8 persen responden mengatakan tidak berhasil, dan 19.0 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Indo Barometer melakukan survei opini publik tentang Jawa dan Kekuasaan pada Sabtu (23/4) hingga Selasa (26/4).

Survei opini publik yang terselenggara atas kerjasama Indo Barometer dan TV ONE ini dilakukan dengan menggunakan metode systematic random sampling (penarikan data secara acak) dengan tingkat margin of error± 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden tersebar di 5 kota besar yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Medan, dan Kota Makasar dengan jumlah responden yang diwawancarai via telepon (telephone survey) sebanyak 400 orang dan berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah.

Sumber : pelitaonline

Subscribe to receive free email updates: