Ahok Sebut Jilbab Mirip Serbet, Netizen Tanya Mana Yang Lebih Mirip Serbet Dapur ?


FAKTAMEDIA.NET - Saat mengimbau guru-guru di DKI Jakarta agar tidak memaksanakan pelajar memakai jilbab, Ahok sempat menyebut bahwa jilbab sekolah mirip serbet.

Pernyataan itu dinilai tidak etis oleh Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Tidak etislah Ahok membanding-bandingkan jilbab dengan serbet,” kata Ariza di Jakarta, Kamis (9/6/2016), seperti dikutip Okezone.

Menurut Ariza, seharusnya Ahok melihat substansi jilbab daripada kualitas materi atau bahan dari jilbab itu sendiri.

"Jangan menilai pada kualitas materinya, yang harus dinilai substansi atau kualitas substansi, yaitu menutup aurat," jelasnya.

Pernyataan Ahok yang membandingkan jilbab mirip serbet juga menuai protes netizen. Sejumlah netizen membalas pernyataan Ahok itu dengan meme yang menampilkan jilbab, baju kotak-kotak dan serbet.

“Dalam kolom ada gambar serbet dapur, laki-laki berbaju kotak-kotak dan wanita berhijab..
Pertanyaannya adalah yang dipakai kedua orang ini mana yang lebih mirip atau hampir mendekati ke serbet dapur:
A. Wanita berjilbab.
B. Laki-laki berbaju kotak-kotak,” demikian salah satu keterangan pada meme tersebut.

Sebelumnya, pada Rabu (8/6/2016), Ahok mengimbau guru-guru di Ibu Kota agar tak memaksakan anak muridnya memakai jilbab. Ia juga menceritakan pengalamannya melihat kewajiban mengenakan jilbab bagi siswi di daerah asalnya, Kabupaten Belitung Timur. Di sana, usai keluar dari sekolahnya, siswi-siswi yang berjilbab di dalam lingkungan sekolah serta merta melepas jilbabnya.

"(Jilbab) yang dipakainya yang kayak serbet. Malah mungkin lebih bagus serbet di dapur saya. Begitu keluar dari sekolah naik motor bapaknya, langsung lepas jilbab," kata Ahok. 

Sumber : tarbiyah

Subscribe to receive free email updates: