KRI Pati Unus Ditorpedo Kapal Cina?


FAKTAMEDIA.NET - Peristiwa kecelakaan laut yang dialami KRI Pati Unus-384 (KRI PTS) pada Jumat (13/05/2016) menjadi pembicaraan hangat di media sosial.

Di laman Facebook akun Dwi Edharmono menyebut, KRI PTS ditembak oleh kapal China sampai tenggelam. Hal ini terkait dengan adanya ketegangan di Laut China Selatan antara pihak Indonesia dan asing.

"PULUHAN AWAK PRAJURIT KRI UNUS TEWAS TANPA PEMBERITAAN MEDIA. APAKAH YANG TERJADI DI REPUBLIK INI SEBENARNYA," tulis Dwi Edharmono.

"KRI Pati Unus DITORPEDO sampai TENGGELAM oleh Kapal Cina !!! Tapi TIDAKADA SATUPUN Media yg memberitakan, trmasuk Media2 On Line, Semua DIBLOKIR !!!" tambah Dwi.

Namun, berdasarkan informasi yang juga beredar di media sosial, laka laut yang dialami KRI PTS yang terjadi pada Jumat (13/05/2016), sekira pukul 18.15 wib adalah murni kecelakaan.

Informasi itu disampaikan melalui info kontak radio terakhir antara Kom KRI PTS 384 ke WFQR Lantamal I, menginfokan bahwa KRI PTS 384 mengalami kebocoran karena menabrak bangkai kapal perkiraan lokasi bouy 2 alur Belawan.

Atas kejadian tersebut Lantamal I mengambil tindakan sebagai berikut:

Pkl 18.20 wib, KRI SIWAR meluncur ke lokasi.

Pkl 19.00 wib KAL BOA, bergerak ke lokasi bantu efakuasi, Wadan Tim Intel Lant I (on board).

Pkl 19.21 wib. Asintel Lant I, Asop Lant I, menuju lokasi menggunakan Kal Telaga Tujoh.

Pkl 20.15 wib, Kal Telaga Tujoh tiba di lokasi KRI PTS 384, bocor.

Upaya untuk menyelamatkan KRI PTS – 384:

Berkoordinasi dengan Instansi samping untuk turut membantu.

Menyedot air dari dlam KRI dgn menggunakan 7 buah Alkon (pemompa air)
Mengamankan material, inventaris, dokumen dari KRI PTS ke KRI SIWAR.
unsur2 yg membantu efakuasi:
– Kal Boa
– KRI SIWAR
– Unsur-unsur Lantamal I
– Tug Boat (TB) Deli O
– SatPolair
– Sea Reader Lanal Tj.Balai Asahan.

Pkl 20.50 wib KRI PTS di tarik dengan menggunakan TB.Deli O, ke arah daratan terdekat.

Pkl 21.18 wib, KRI PTS kandas pada posisi melintang antara bouy 2 dan bouy 4 dekat mpmt. Kedalaman 2 M.

Sampai dengan pkl 22.25 wib, Komandan beserta seluruh Abk KRI PTS-384 selamat dan masih berada di atas Kapal melaksanakan upaya penyelamatan Materil. Demikian Citizenjurnalism melaporkan.

Sebagai informasi, KRI Pati Unus merupakan kapal perang Indonesia dari jenis korvet. Kapal ini termasuk kapal korvet kelas Parchim dengan kode Pakta warsawa Type 133.1.

Kapal ini didesain untuk perang anti kapal selam diperairan dangkal / pantai. Enambelas kapal dibuat untuk Volksmarine (1997-1981) dan 12 kapal yang dimodifikasi dibuat untuk AL Soviet pada 1985-1990 oleh Peenewerft, Wolgast.

Setelah Penyatuan kembali Jerman , Bekas negara Jerman timur menjual kapal-kapal ini ke TNI AL Indonesia pada 1993.

Kapal korvet ini pernah digunakan sebelumnya oleh tentara Angkatan Laut Jerman Barat. Kapasitas kapal ini bisa menampung 20 hingga 59 orang anak buah kapal.

Dimensi kapal KRI Pati Unus berukuran 75.2meter x 9.78meter x 2.65 meter/ (246.7 x 32.1 x 8.7 kaki). Berat muatan penuh sekitar 900 ton.

Sumber : rimanews

Subscribe to receive free email updates: