Jokowi: Harga Tanah Kalau Bisa Murah Bahkan Gratis, Asal Investor Masuk


FAKTAMEDIA.NET - Demi memanjakan investor untuk tanam modalnya pada berbagai sektor bisnis, Presiden Jokowi menyerukan kepada Kepala Daerah agar memberikan pelayanan yang optimal dan memberikan berbagai kemudahan.

Bahkan menurut Jokowi akan lebih bagus jika masyarakat dan pemerintah daerah memberikan tanah secara gratis kepada investor sebagai cara mempromosikan kemudahan berinvestasi.

“Harus pandai memasarkan daerah dengan mempermudah perizinan, kalau keliling ke investor bilang kalau bapak/ibu (investor) mau masuk, ini ada tanah 1000 hektar, 2000 hektar,” tuturnya dalam kata sambutan Penutupan APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) Tahun 2016 di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, (7/5)

Lebih lanjut dia mengatakan setiap satu daerah dengan yang lain harus berlomba-lomba bersaing memberikan tanah yang semurah-murahnya dan bila perlu digratiskan.

“Antar daerah kita ingin bersaing sehat antara satu daerah dengan daerah lain, nanti bilang pak (investor) tanah di kabupaten saya hanya Rp100 ribu per meter silakan masuk, daerah yang lain, saya ada Rp50 ribu per meter, daerah yang lain saya gratiskan, kenapa tidak tapi asal investor masuk,” tukasnya.

Dia mencontohkan bahwa di negara Vietnam ada beberapa daerah yang telah berani mengratiskan tanah untuk mendorong investor

“Yang sangat progresif Vietnam, silakan Bapak Ibu Bupati kalau mau lihat disana, sangat cepat sekali mengantispasi perubahan,” pungkasnya.

Sumber : aktual

Subscribe to receive free email updates: