Ini Tamparan Keras Deddy Mizwar Kepada Ahok Soal Reklamasi


FAKTAMEDIA.NET - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ikut angkat bicara mengenai mega proyek reklamasi Teluk Jakarta. Dia menganggap proyek tersebut hanya menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan di Jawa Barat lantaran sebagian besar materialnya berasal dari daerah Bogor.

"Mega proyek yang ini didasarkan pada kepentingan ekonomis semata, karena tidak memperhatikan lingkungan sekitar," ungkap Deddy, di Bandung, Sabtu (21/5).

Deddy mengaku sedih dengan kerusakan alam yang ditimbulkan. Apalagi Jawa Barat sama sekali tidak mendapat manfaat ekonomi dari pulau-pulau buatan tersebut.

"Janganlah membangun Jakarta dengan cara memindahkan bencana ke daerah lain, janganlah membangun Jakarta dengan cara memindahkan kemiskinan ke daerah lain," ungkapnya lagi dengan nada kesal.

Dijelaskan, reklamasi Pantai Utara Jakarta, 80 persen bahan baku material batu, pasir, dan sejenisnya berasal dari Bogor Barat. Dampak eksploitasi bahan baku alam itu mengakibatkan jalanan di Bogor barat hancur karena dilintasi sekitar ribuan truk bermuatan minimal 30 ton setiap harinya.

"Sebuah peradaban janganlah dibangun di atas sebuah kemaksiatan, serta mengorbankan kepentingan masyarakat lain serta lingkungan yang ada," tandas Deddy.

Sumber: JPNN

Subscribe to receive free email updates: